Selasa, 13 Agustus 2024

ISTIRAHATLAH SEJENAK!

 



Oleh Mujianto, M.Pd.


 

“Terkadang kehidupan yang Anda keluhkan adalah kehidupan yang didambakan banyak orang.”

(Maqalah)


Kelelahan pasti pernah dirasakan oleh setiap orang. Jika datang lelah, bolehlah kita istirahat, walau sejenak. Bisa dengan duduk santai di kursi atau di manapun itu. Karena dengan beristirahat, kita bisa tahu bagian mana yang lelah, dan bagian mana yang salah. Dengan beristirahat, kita dapat mengumpulkan energi untuk berlari kembali, menyongsong esok hari dengan langkah yang lebih optimis.

Tubuh kita terdiri atas jiwa dan raga. Kedua hal ini juga bisa merasakan kelelahan. Merawat dan mengistirahatkan jiwa juga sama pentingnya dengan menjaga kesehatan raga kita. Terkadang, justru kelelahan mental yang tidak kita sadari dapat menyebabkan perasaan sedih dan gelisah.

Setiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda untuk bisa memperoleh ketenangannya. Ada yang merasa nyaman dengan liburan bersama keluarga atau orang terkasihnya, berkumpul dengan komunitas, juga ada yang sekedar tidur yang lebih panjang dan berkualitas.

Sahabat, ada makna yang terkandung dari waktu istirahat kita. Istirahat yang berkualitas. Seperti yang dilakukan para sahabat Rasulullah Saw. Karena kebiasaannya ketika mengistirahatkan tubuhnya, juga mengistirahatkan egonya, kesedihannya, kemarahannya, prasangka buruk terhadap orang lain, yang seakan mendapatkan karunia lebih banyak dari dirinya, dan sifat-sifat negatif yang lain. Mereka, para sahabat beristirahat dalam tetesan air mata dan penuh rasa syukur.

Sahabat, selama kita masih diberi nyawa, hidup harus terus berjalan. Kita punya keyakinan bahwa Allah SWT. akan menunjukkan jalan dan sudah menyiapkan skenario terbaik untuk kebahagiaan kita. Namun jangan lupa, istirahatlah sejenak!

Surabaya, 13 Agustus 2024

2 komentar:

  1. Betul kang, sebagai bentuk syukur kita menjaga kesehatan tubuh baik jasmani dan rohani dengan cara istirahat.

    BalasHapus